Monday, November 20, 2017

Solusi Membudidayakan Udang Vaneme Dengan Cara Intensif Menggunakan Pupuk Yatop Di

Solusi Budidaya Udang Vaneme Secara Modern Memakai Pupuk Organik Yatop

image_20170915_072557_5.jpg

1. Bagaimana merawat udang vaname tidak terkena virus Wsf/Mio/Bercak putih dll. ?


Sehat itu penting, pertama yang harus di sterilkan adalah Air terlebih dulu. Tebarkan Pupuk 3 Liter/hektar ke dalam tambak dengan dikombinasikan air, lakukan penaburan serata mungkin. Hal ini bertujuan biar air netral, seimbang, hewan kecil seperti plangkton dan phyto plankton berkembang secara cepat serta kondisi tanah didasar tambak cepat berlumpur seperti tepung, sehingga udang betah dan nyaman saat di dasar lumpur, maka nanti hasilnya udang akan tumbuh dengan besar.


Lakukan ditiap 1 pekan sekali di tabur yatop sebanyak 1 liter/hektar tujuannya adalah untuk menjaga ekosistem di wilayah tambak, menjaga kesehatan udang lebih agresif, gesit dan jatah makannya akan meningkat 3 kali lipat. Penaburan yatop sebanyak 1 liter/hektar setiap 1 minggu sekali merupakan hal yang wajib, dikarenakan untuk mengatisipasi situasi cuaca ekstrem yang bisa berubah setiap saat. Kebutuhan yatop dalam 1 hektar berkisar 15 liter hingga bisa panen. ( 3 bulan ).


2. Bagaimana udang yang sulit moulting ( ganti kulit ) sehingga pertumbuhannya tidak cepat ?


Udang cepat subur ditandai dengan kelihatan moulting. Udang sehat moultingnya cepat namun jika udang susah moulting dipastikan ada hal yang kurang di area tambak. Masalahnya ini harus ditemukan. Namun untuk menemukan faktor penyebabnya itu yang susah bahkan petani malas untuk meneliti. Kebanyakan Petani di Indonesia ingin hasil instan. Penyebab udang tidak moulting dikarenakan kulit udang yang mengeras. Solusinya adalah Taburkan pupuk yatop 5 liter/hektar semakin banyak yatop di tebarkan ke tambak maka udang moulting akan lebih cepat. Sifat pupuk yatop itu sedikit perih kalau kena luka, rasa perihnya itu hanya dalam hitungan detik atau menit, apabila kena kulit udang maka udang akan lebih cepat berganti kulit. Biasanya udang akan berganti kulit dalam waktu 4 hari.

3. Bagaimana udang stress/teller masih dapat ditolong ?



Udang stress/teller karena banyak factor, diantaranya adalah kondisi di dasar tambak terlalu dingin, kurangnya protein di dasar, tengah dan di atas air. Yatop adalah pupuk yang didalamnya terkandung banyak sekali protein tinggi. Ciri-cirinya adalah kalau tutup botol di buka lalu ditutup kembali maka proteinnya otomatis muncul ke atas berwarna putih. Apabila udang stress/teller dan naik ke permukaan maka solusi tepatnya dengan cara taburkan Pupuk Yatop sebanyak 3 liter/hektar kemudian tunggu 1 sampai 3 jam, apakah udang kembali turun ke dasar atau tidak. Apabila masih belum turun juga maka taburkan lagi yatop 1 – 2 liter lg. Semakin banyak yatop di tebar maka semakin cepat udang turun ke dasar dan normal kembali. Kalau udang sudah stress dan pulih kembali dengan yatop maka lakukan penebaran yatop sebanyak 1 liter/hektar secara rutin setiap 1 pekan sekali. Jangan lewat satu minggu karena akan menyebabkan udang stress lagi.


4. Bagaimana tambak yang sudah kurang produktif / jarang menghasilkan masih dapat diperbaiki ?

Tambak yang sudah rusak/kurang produktif masih bisa diperbaiki, caranya yakni harus dikembalikan ke alam. Gunakan kotoran hewan sapi, karena di dalam lument sapi banyak mikroba yang bermanfaat untuk tanah dan bisa bertahan selama 3 bulan lamanya. Resep pembuatan Kotoran sapi sebagai berikut. : 1 LITER YATOP + 5 KG KOTORAN SAPI BARU + 50 LITER AIR. Permentasi dalam kurun waktu 1 minggu, tiap hari di aduk selama 5 menit. Setelah 1 minggu tebarkan ke tambak dalam kondisi macak-macak. Biarkan selama 5 hari jika timbul lumut sutera kemudian isi tambak sampai penuh. Kebutuhan kotoran sapi sebanyak 50 kg/hektar. Kotoran sapi wajib menggunakan yang baru, maksimal 3 hari setelah keluar dari dubur sapi



Keunggulan Pupuk Yatop Buat Udang Vaneme

Berdasarkan pengalaman di Lapangan pupuk Yatop mempunyai karakteristik yang unik dan aneh di berbagai kota di Tanah Air. Kelebihannya adalah sebagai berikut :


1. Dapat Menetralisir Air Payau

Air payau untuk udang dapat dinetralisir oleh yatop dalam waktu berkisar 3 jam. Caranya : Masukan air payau ke dalam gelas (240 cc) kemudian masukan juga pupuk yatop. Air payau yang tadinya asin berubah menjadi netral selama kurun waktu 3 jam, dan garamnya akan turun ke bawah. Lama-lama air tadi akan terasa seperti manis jambu air.


2. Dapat Menetralisir Residu Kimia Dalam Air

Air yang sudah tercemar oleh limbah dari pabrik dapat dinetralisir oleh pupuk Yatop dalam waktu 3 hari. Air tambak yang tadinya tercemar dalam 3 hari berubah warnanya. Oleh karena itu kami menyarankan sebelum udang dimasukan ke area tambak sebaiknya ditabur pupuk yatop dulu apabila sudah 3 hari barulah masukan benih udang.


3. Ph Air Dan Ph Tanah Menjadi Seimbang

Setelah air dan tanah di tabur yatop maka selama 3 hari kondisinya akan seimbang. Hal tersebut telah dibuktikan dengan test kertas lakmus dimana PH tanah {berubah menjadi|menjadi| 6. Jika PH sudah seimbang maka udang pun akan berkembang dengan cepat.


4. Tanah Lumpur Akan Menjadi Halus Seperti Tepung

Tanah lumpur yang sudah diberi pupuk yatop maka lumpurnya akan mengalami perubahan menjadi lebih halus seperti tepung dalam jangka waktu 4 hari. Semua mikroba tanah akan bereaksi karena yatop merupakan sumber makanan untuk bakteri.


5. Lumut Sutera Menjadi Tumbuh

Tambak yang di tabur dengan pupuk yatop akan tumbuh lumut sutera, paling cepat 4 hari hingga 1 minggu. Lumut sutera bagus untuk sumber makanan udang.


6. Mengobati Luka Pada Udang

Udang yang terserang oleh penyakit, Virus atau lainnya dapat disembuhkan dalam kurun waktu 30 menit. Apabila lumpurnya sudah mengandung pupuk yatop maka udang yang terkena luka masuk ke dalam lumpur dan lukanya akan cepat terobati.


7. Plankton Berkembang Dengan Subur

Tambak yang sudah di berikan Yatop dalam jangka waktu 3 hari akan terlihat plankton-plankton yang hidup didasar, tengah dan permukaan air.


8. Udang Stress Normal Kembali

Jika melihat udang yang sedang stress atau minggir ke atas air maka udang tersebut hidupnya tidak akan bertahan, esok atau lusa udang akan mati. Apabila melihat kejadian seperti itu maka solusi tepatnya Tebarkan Pupuk yatop 3 liter perhektar, dalam kurun waktu 3 jam udang akan normal kembali dan kembali ke dasar tambak. Udang setelah ditabur yatop akan lebih gesit/lincah.


9. Daging Udang Bebas Residu 

Udang yang telah menggunakan pupuk Yatop pada saat dipanen dagingnya sudah bebas dari residu kimia. Warna udang cerah, daging lebih kenyal, dan rasa gurih.


Umtuk Konsultasi Dan pemesanan bisa langusng ke Umar yatop Di no 085286231111 dan dapatkan updatenya di Budidaya udang

Author Profile

About Safina Zulaika

Travel umroh terbaik dan terpercaya di indonesia terdaftar di kementrian agama.

0 Komentar Solusi Membudidayakan Udang Vaneme Dengan Cara Intensif Menggunakan Pupuk Yatop Di

Post a Comment

Back To Top